Jumat, 14 Oktober 2016

Membuat data pada table dengan bantuan rumus-rumus pada microsoft excel

·  Pertama kita buat tabel awalnya dengan beberapa data kosong yang nantinya kita isi dengan bantuan rumus pada ms.excel


Untuk setiap cells yang kosong kita cukup menuliskan 1 baris rumus pada setiap baris pertama kolom-kolom yang kosong, jika rumus sudah selesai ditulis kita arahkan kursor ke pojok kiri bawah pada masing-masing cells kemudian kita drag sampai baris akhir cells yang kosong dari setiap kolom dan lepas tombol mouse maka rumus akan menyesuaikan dengan sendirinya untuk setiap cellsnya.

1.      Kolom Jenis Barang
Untuk mengisi baris pada kolom jenis barang kita gunakan rumus =IF(B4="AA";"TELEVISI";IF(B4="AB";"AC";IF(B4="BC";"KULKAS";"MESIN CUCI"))) . Penjelasan dari rumus tersebut yaitu jika isi cell B4 kode barangnya adalah AA maka akan mencetak barang tersebut adalah TELEVISI, jika cell B4 memiliki kode barang AB maka akan mencetak barang tersebut adalah AC, jika cell B4 memiliki kode barang BC maka akan mencetak barang tersebut adalah KULKAS, kode barang selain AA, AB, BC maka akan mencetak barang tersebut adalah MESIN CUCI.
2.      Kolom Harga Barang
Untuk kolom harga barang kita gunakan rumus =VLOOKUP(C4;$B$19:$C$28;2) yang berarti kita jadikan “tabel jenis barang” yang dimulai dari cell B19 sampai C28 sebagai referensi datanya. Sesuai rumus tersebut harga barang akan disesuaikan dengan isi dari cells C4 yaitu golongan harga, dan diskon barangnya terdapat pada kolom kedua dari “Tabel Harga Barang”.
3.      Kolom Discount Barang
Untuk kolom “discount barang” kita gunakan rumus =HLOOKUP(C4;$F$18:$O$19;2) yang berarti kita jadikan “tabel discount” yang dimulai dari cell F18 sampai O19 sebagai referensi datanya. Sesuai rumus tersebut diskon barang akan disesuaikan dengan isi dari cells C4 yaitu golongan harga, dan harga barangnya terdapat pada baris kedua dari “Tabel Discount”.
4.      Kolom Harga Setelah Discount
Untuk kolom “harga setelah discount” kita cukup menggunakan perhitungan dengan operator aritmatika yaitu dengan rumus =F4-(F4*G4) pada baris pertama kolom “harga setelah discount” yang bebrarti nilai harga barang pada cell F4 dikurangi hasil kali nilai cell F4 dengan nilai diskon barang pada cell G4.
5.      Kolom Jumlah Harga Pembelian
Untuk kolom “jumlah harga pembelian” kita juga cukup menggunakan operator aritmatika dengan rumus pada baris pertama =H4*I4 yang berarti cell H4 yaitu harga setelah diskon, dikalikan dengan cell I4 yaitu jumlah pembelian.
6.      Total
Untuk setiap total pada kolom cells yang kosong tersebut kita cukup menggunakan rumus penjumlahan. Contohnya untuk menghitung total harga setelah diskon kita masukan rumus =SUM(H4:H13) yang berarti kita jumlahkan nilai dari cell H4 sampai cell H13.

·         Output dari rumus-rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:


0 komentar:

Posting Komentar