Senin, 01 April 2019

Perbandingan Sistem Operasi IOS & Android



Apa itu Sistem Operasi?

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Pada smartphone pula sistem operasi berjalan tidak jauh berbeda dengan yang berjalan pada PC. Beberapa sistem operasi yang banyak dijalankan pada smartphone misalnya seperti Android, iOS, Symbian, Windows Phone, dll. Dari beberapa nama sistem operasi tersebut perbedaan yang terlihat jelas tentuya pada user interface dan user experience-nya.

Pada artikel kali ini yang saya akan bahas adalah perbedaan/ perbandingan antara sistem operasi Android dan iOS.

Berikut ini merupakan tabel perbandingan antara sistem operasi android dan ios menurut sumber yang saya dapat.



Untuk versi terbaru dari Android adalah Android 9.0 Pie sedangkan, untuk versi terbaru dari ios adalah iOS 12 dan seterusnya.

Sistem operasi android adalah yang saat ini saya pakai dan lebih sering saya gunakan dibandingkan dengan iOS . Dari pengalaman pemakaian saya sendiri dari segi user interface sebenarnya relatif akan tetapi Android memiliki fitur dan farian yang lebih signifikan disetiap penigkatan versi serta sistem pada Android yang customizable dibandingkan dengan iOS. Dari segi baterai, android juga menyediakan kapasitas yang rata-rata lebih besar dibandingkan dengan iOS.

Tapi dari segi keamanan sinkronisasi dan privasi, iOS terlihat lebih aman dibanding dengan Android, Kemudian dari segi build quality atau material penyusunnya, produk yang memakai sistem operasi iOS rata-rata lebih baik dan unggul daripada Android sehingga yang membuat produknya lebih awet dan tahan lama. Sayangnya produk yang menggunakan sistem operasi iOS memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan produk dengan sistem operasi Android sekelasnya.

Sumber:
https://apaperbedaan.com/android-dan-ios/ 
https://medium.com/@DalihRusmana/apa-itu-sistem-operasi-5f212846271

0 komentar:

Posting Komentar