Kamis, 08 Desember 2016

Pengamplikasian Game Theory

       Masih menyinggung tentang game theory. Pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan contoh kasus lain dari pengaplikasian game theory, yaitu sebagai berikut:

       Dalam suatu proses pengembangan usahanya, perusahaan X dan perusahaan Y melancarkan strategi pemasaran promosi, harga dan iklan. Berikut data payoffs kedua perusahaan tersebut,


       
     Strategi yang dilakukan perusahaan Y terletak pada kolom tabel dan perusahaan X pada baris tabel. Nilai tersebut adalah keuntungan bagi perusahaan X dan kerugian bagi perusahaan B. Angka tersebut bisa saja positif dan bisa juga negatif. Jika positif berarti perusahaan X menang dan Y rugi atau rugi. Jika angka negatif berarti perusahaan Y menang dan X kalah atau rugi.

Analisis Contoh Soal Game Theory

      Misalkan perusahaan  X melancarkan strategi promosi dan perusahaan  melancarkan strategi promosi juga , maka perusahaan  X akan untung Rp 100.000 sedangkan perusahaan Y rugi Rp 100.000.
     Misalkan perusahaan X melancarkan strategi harga dan perusahaan Y melancarkan strategi  promosi, maka perusahaan X untung Rp 60.000 dan perusahaan Y rugi Rp 60.000, Begitu seterusnya.
         Lalu apa strategi yang harus diambil agar optimal bagi kedua perusahaan tersebut?

Penyelesaian Manual

      Perusahaan X menganut prinsip maximin yaitu memaksimalkan keuntungan minimum. Sehingga pada setiap baris yang dipilih yang paling kecil yaitu,
Promosi =  Rp 20.000
Harga = Rp 30.000
Iklan = 20.000
Berikut akan dipilih  yang paling maksimum yaitu Rp 30.000

     Perusahaan Y menganut prinsip minimax yaitu meminimkan kerugian maksimum. Sehingga setiap strategi yang dipilih adalah yang paling tinggi yaitu
promosi = Rp 100.000
harga = RP 40.000
iklan = Rp 70.000
kemudian dipilih yang paling minimum yaitu Rp 40.000,00.

Source:
http://www.matabaraja.com




0 komentar:

Posting Komentar